Tuesday 24 January 2017

Program Diet Menurut Golongan Darah Yang Harus Anda Ketahui

Program Diet Menurut Golongan Darah Yang Harus Anda KetahuiPernah mendengar istilah diet menurut golongan darah? Tentunya sudah pernah kan? Sebelumnya program diet ini sempat menjadi kontroversi diantara pakar kesehatan, namun hingga saat ini sudah banyak yang mengaplikasikan diet ini dan bisa menurunkan berat badan tanpa mengganggu kesehatan.
Photo copyright from newhealthguide.org

Program Diet Menurut Golongan Darah Yang Harus Anda Ketahui

Dalam diet golongan darah tentunya jenis makanan yang dikonsumsi akan disesuaikan dengan golongan darah masing-masing individu. Setiap golongan darah pasti memiliki anjuran masing-masing. Lalu seperti apa pembagian diet menurut golongan darah?


·         Golongan Darah A

Pada dasarnya diet golongan darah A lebih menitikberatkan pada pengaturan pola makan. Untuk golongan darah A sebaiknya hanya mengkonsumsi sedikit daging dan memperbanyak sayuran. Protein hewani yang boleh dikonsumsi yaitu ikan.

Baca juga tips diet lainnya disini.

Menu makanan yang disarankan meliputi mangga, pisang, nanas, susu kedelai, ikan sarden, ikan mas, wortel, brokoli, tahu, tempe, bayam, jeruk nipis dan lemon. Menu makanan netral yaitu kacang kapri, roti gandum, anggur, mentimun, stroberi, tepung tapioca, telur ayam, telur puyuh dan ikan tuna. Jenis makanan yang sebaiknya dihindari yaitu cumi-cumi, kepiting, mentega, susu sapi, daging domba, daging kerbau, eskrim dan minuman bersoda.


·         Golongan Darah B

Untuk golongan darah B lebih menitikberatkan pada konsumsi sayuran hijau dan perpaduan dengan jenis protein hewani selain unggas. Adapun jenis makanan yang bermanfaat untuk diet golongan darah B yaitu brokoli, terong, sawi, daun papaya, daun singkong, kangkung, bayam, daging sapi, daging domba, daging kelinci, ikan laut dan keju.

Makanan yang bersifat netral yaitu ikan air tawar, mentega, kentang, mentimun, labu, kurma, mangga, buah melon, kacang merah, buah pir dan jeruk. Adapun jenis makanan yang harus dihindari yaitu daging ayam, bebek, angsa, telur puyuh, telur angsa, telur bebek, keong, siput, makanan bersantan dan eskrim.


·         Golongan Darah AB

Untuk golongan darah AB lebih disarankan untuk mengkonsumsi jenis makanan yang berasal dari laut ditambah dengan teh hijau, daging kelinci dan kalkun. Kemudian makanan yang bersifat netral yaitu bayam, tepung beras, ikan air tawar, keju, mangga, telur ayam, mentega, kurma, labu dan buah pir.

Untuk pantangannya yaitu minuman bersoda, minuman berkafein, daging kerbau, minuman beralkohol, daging angsa, daging bebek dan eskrim. Imbangi diet golongan darah AB dengan olahraga seperti olah pernafasan, jogging dan senam.


·         Golongan Darah O

Sangat dianjurkan untuk konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi yang berasal dari hewani atau nabati dan usahakan rendah karbohidrat. Sedangkan jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk golongan darah O yaitu eskrim, kacang tanah, minuman beralkohol, kopi, jagung, jamur, mentimun, kentang, yoghurt.

Dalam menjalankan program diet sesuai golongan darah maka sebaiknya Anda berhati-hati. Jika memiliki riwayat penyakit sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini untuk menghindari kemungkinan risiko penyakit yang lebih parah atau kambuh. 

Artikel Terkait

Program Diet Menurut Golongan Darah Yang Harus Anda Ketahui
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email